5 Fakta Penyu Belimbing

1. Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) adalah penyu terbesar

adalah penyu sekaligus reptil terbesar yang hidup. Panjangnya mencapai 1,9 meter dengan berat mencapai 910 kg. Penyu Belimbing juga termasuk unik diantara jenis penyu karena daripada memiliki karapas yang keras, tulang cangkang penyu belimbing dibungkus kulit yang berlemak.

2. Penyu Belimbing adalah penyelam Tangguh

Penyu belimbing dapat menyelam sedalam paus penyelam dalam. Mereka ini sangat mampu menyelam hingga kedalaman hampir mencapai 1.200 meter. Kemampuan menyelam seperti ini membantu penyu belimbing dalam mendapatkan mangsa (ubur-ubur), menghindari predator dan menghindari panas ketika mereka melewati laut hangat. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa penyu ini dapat mengatur daya apung mereka saat menyelam dalam-dalam dengan mengatur jumlah udara yang mereka hirup di permukaan.

3. Penyu Belimbing adalah penjelajah dunia

Penyu belimbing adalah penyu yang paling jauh jangkauannya. Mereka juga memiliki jangkauan terluas, karena mereka memiliki sistem pendingin tubuh dan banyak minyak dalam tubuh mereka yang memungkinkan mereka untuk menjaga suhu tubuh mereka lebih tinggi dari air laut sekitarnya – oleh karena itu, mereka dapat mentolerir daerah dengan suhu air yang lebih dingin . Penyu-penyu ini ditemukan di utara Newfoundland, Kanada, dan sejauh selatan Amerika Selatan. Mereka umumnya dianggap sebagai spesies pelagis, tetapi juga dapat ditemukan di perairan yang lebih dekat ke pantai.

4. Penyu Belimbing memakan ubur-ubur dan mahluk laut berbadan lembek yang lainnya.

Sangat luar biasa bahwa hewan sebesar ini dapat hidup dari apa yang mereka makan. Penyu belimbing terutama memakan hewan bertubuh lunak seperti ubur-ubur dan salp (sejenis ubur-ubur). Mereka tidak memiliki gigi tetapi memiliki tonjolan tajam di mulut mereka yang membantu menangkap mangsa dan duri di tenggorokan dan kerongkongan untuk memastikan mangsa bisa masuk ke tenggorokan, tetapi tidak keluar. Keberadaan penyu ini penting untuk jaring makanan laut karena mereka dapat membantu menjaga populasi ubur-ubur yang berlebihan. Karena makanan mereka, penyu belimbing mungkin terancam oleh puing-puing laut seperti kantong plastik dan balon, yang mereka mungkin keliru sebagai mangsa.

5. Penyu Belimbing terancam punah

Penyu belimbing terdaftar di Endangered Species Act sebagai satwa terancam punah, dan sebagai “hampir punah” di Daftar Merah IUCN. Populasi penyu ini di Samudra Atlantik tampaknya lebih stabil daripada populasi Samudra Pasifik. Ancaman terhadap penyu belimbing meliputi terjerat alat tangkap dan puing-puing laut, menelan sampah plastik, pencurian telur, dan tertabrak kapal. Anda dapat membantu dengan membuang sampah secara bertanggung jawab, mengurangi penggunaan plastik, tidak pernah melepaskan balon, mengawasi penyu ini berperahu, dan dengan mendukung organisasi penelitian, penyelamatan, dan rehabilitasi penyu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *