Habitat Dan Distribusi Penyu

Distribusi.

Penyu ditemukan di laut yang hangat dan sedang di seluruh dunia.

Habitat

Sebagian besar spesies penyu dewasa ditemukan di perairan dangkal, pantai, teluk, laguna, dan muara. Beberapa juga menjelajah ke laut lepas. Penyu remaja dari beberapa spesies dapat ditemukan di teluk dan muara, serta di laut.

Migrasi.

Kebiasaan migrasi berbeda tidak hanya di antara spesies tetapi juga di antara populasi yang berbeda dari spesies yang sama. Beberapa populasi penyu bersarang dan mencari makan di area umum yang sama; yang lainnya bermigrasi dari jarak yang sangat jauh.

Peta satelit migrasi penyu

  1. Populasi penyu hijau bermigrasi terutama di sepanjang pantai dari tempat bersarang ke tempat makan. Namun, beberapa populasi akan melakukan perjalanan 2.094 km (1.300 mil) melintasi Samudra Atlantik dari tempat bersarang Pulau Ascension ke ruaya pakan di Brasil.
  2. Penyu hitam bermigrasi di sepanjang pantai dari daerah berkembang biak ke tempat mencari makan antara ekstrem utara dan selatan dari jangkauan distribusi mereka.
  3. Penyu Tempayan meninggalkan daerah ruaya pakan untuk melakukan migrasi dan berkembang biak dengan jangkauan jelajah berkisar antara beberapa kilometer hingga ribuan kilometer
  4. Penyu Kempi mengikuti dua rute utama di Teluk Meksiko: satu ke utara ke daerah Mississippi, yang lain ke selatan ke Campeche Bank, dekat Semenanjung Yucatan.
  5. Populasi Penyu Lekang telah diamati dalam kelompok besar yang bepergian antara tempat makan dan tempat bersarang di Pasifik Timur dan Samudra Hindia.
  6. Studi migrasi penyu sisik terbatas. Bukti menunjukkan bahwa beberapa populasi penyu sisik menunjukkan siklus migrasi bersarang. Peneliti lain telah mendokumentasikan populasi penyu sisik tidak bermigrasi atau penyu sisik lain bermigrasi jarak pendek.
  7. Penyu Pipih pindah dari tempat bersarang mereka di pantai utara Australia dan pulau-pulau ke tempat mencari makan di perairan dangkal Australia timur laut. Jarak yang ditempuh berkisar dari 215 hingga 1.300 km (134 – 807 mil).
  8. Penyu belimbing memiliki migrasi terpanjang dari semua penyu. Mereka telah ditemukan pernah bermigrasi lebih dari 4.831 km (3.000 mil) dari pantai bersarang mereka.

Kebiasaan migrasi berbeda di antara spesies penyu. Migrasi dapat berkisar dari beberapa hingga ribuan kilometer. Metode yang paling umum digunakan untuk melacak penyu laut bebas adalah penandaan sirip (metal tag, PIT tag). Meskipun metode ini menghasilkan informasi tentang tujuan migrasi, metode ini tidak mengungkapkan rute perjalanan. Baru-baru ini pelacakan radio, sonik, dan satelit telah berhasil memantau pergerakan penyu. Hubbs-Sea World Research Institute telah mengembangkan harness pemancar radio untuk penyu belimbing. Desainnya memungkinkan pemasangan pemancar yang aman tanpa memengaruhi mobilitas penyu. Harness dirancang untuk terputus dalam beberapa bulan

Alat telemetry yang dipasang pada penyu belimbing

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *