Sukarelawan

Sejak Bulan Februari 2019 Yayasan Penyu Indonesia (YPI) menyelenggarakan program perlindungan penyu di Pulau Belambangan, Kabupaten Berau – Kalimantan Timur. Jika anda berencana untuk merasakan tantangan untuk hidup di salah satu dari pulau terluar di Indonesia, dan jika anda berminat membuat perubahan yang lebih baik untuk kelestarian penyu, maka YPI menantikan anda di Pulau Belambangan.

Bagi anda yang berani berkomitmen menjadi sukarelawan (volunteer), dengan usia antara 15 – 50 tahun, maka Pulau Belambangan akan menjadi tempat yang menarik bagi anda. Anda akan bekerja secara langsung bersama dengan para petugas lapangan YPI menjaga dan merawat sarang, telur dan bayi penyu.

Pulau hutan seluas 9,3 hektar itu memiliki pasir yang putih, terumbu karang yang relatif masih sehat dan tidak dihuni masyarakat. Selain penyu, pulau itu juga dihuni beberapa satwa langka dilindungi yang lain seperti; ayam tambun (burung gosong), kepiting kenari dan beberapa jenis raptor.

Krisna, warga Berau yang menjadi sukarelawan YPI yang pertama di Pulau Belambangan selama 10 hari.

Apa pekerjaan sukarelawan?

Sukarelawan (diutamakan WNI) akan beraktivitas antara lain:

1) Patroli malam bergantian dalam 2 shift, tugasnya adalah membantu petugas lapangan YPI dalam:

  • Mengukur karapas
  • Memasang metal/PIT tag
  • Merelokasi sarang
  • Memantau hatchery

2) Patroli sore, 1 shift, tugasnya adalah membantu petugas lapangan YPI untuk:

  • Mendeteksi sarang yang menetas
  • Menghitung cangkang telur penyu yang sudah menetas
  • Rescue tukik (bayi penyu)
  • Membersihkan pantai, dilakukan setiap hari oleh sukarelawan. Sampah yang ada antara lainSampah plastikSampah kaca/belingSampah kayu

3) Membantu petugas lapangan merawat fasilitas camp, antara lain hatchery, kendaraan air, mesin-mesin dan bangunan camp itu sendiri.

Apa yang disediakan YPI untuk Sukarelawan?

YPI ingin memberikan pengalaman yang berharga kepada para sukarelawan dengan cara menempatkan mereka di tengah kegiatan besar di pulau yang kecil dan sangat terpencil. YPI akan menanggung kebutuhan dasar para sukarelawan begitu mereka meninggalkan Pulau Maratua (pulau terdekat dari Belambangan +/- 75 KM). Selama di Camp Belambangan sukarelawan akan tinggal di tenda, dan makan bersama para petugas. Setelah kegiatan berakhir sukarelawan akan mendapatkan sertifikat penghargaan resmi dari YPI.

Bagaimana menuju Pulau Belambangan?

Secara umum ada penerbangan estafet dari Jakarta menuju Berau dengan transit di Balikpapan (Kalimantan Timur). Namun Balikpapan adalah kota yang pertama harus disinggahi jika anda memakai moda non pesawat. Berikut detilnya

Dengan pesawat terbang:

  1. Jakarta – Berau (Bandara Kalimarau/pesawat) : Rp.1.600.000 – Rp.2.000.000
  2. Bandara Kalimarau – Kantor YPI (Taxi) : Rp.80.000
  3. Kantor YPI – Pulau Maratua (speed boat) : Rp.200.000 (WNA Rp.350.000)

 Non pesawat terbang:

  1. Surabaya – Balikpapan (kapal laut) : Rp.450.000
  2. Balikpapan – Berau/Kantor YPI (taxi) : Rp.450.000
  3. Kantor YPI – Pulau Maratua (speed boat) : Rp.200.000

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *