Fakta Penyu Hijau

1) Penyu hijau (Chelonia mydas) mendapatkan namanya itu bukan dari warna  karapasnya, namun dari warna sebagian kulitnya yang kehijauan. Warna itu disebabkan oleh lapisan lemak dibawahnya. Kalau warna karapasnya bisa berwarna coklat, hitam, dan abu-abu. Pada bagian perutnya biasanya berwarna kuning.

2) Ada dua jenis penyu yang mana para ahli masih berselisih paham apakah mereka itu spesies yang sama sekali berbeda atau hanya beda subspesies saja. Yang dimaksud itu adalah penyu hijau Atlantik dan penyu hijau pasifik timur yang hidup di pesisir Alaska hingga Cili.

3)  Penyu hijau dapat tumbuh hingga panjang karapas 120 cm, dengan berat hingga 300 kg. Penyu hijau diklasifikasikan sebagai salah satu penyu besar.

Penyu Hijau (Chelonia mydas)

4) Tidak seperti kebanyakan penyu yang lain, penyu hijau dewasa adalah herbivora (pemakan tumbuhan), yang memakan alga, lamun dan rumput laut. Penyu hijau remaja dan tukiknya adalah omnivora (pemakan segala) dan biasanya ditemukan sedang memakan hewan tidak bertulang belakang macam kepiting, ubur-ubur dan spons.

5) Sebagian besar penyu menghangatkan diri dengan berenang dekat permukaan di perairan dangkal, tetapi jenis penyu hijau Pasifik Timur diamati sering berjalan ke darat dan berjemur dibawah terik matahari.

6) Penyu hijau mencapai kematangan seksual pada usia antara 20 hingga 50 tahun. Mereka melakukan migrasi dengan jarak yang sangat jauh dari ruaya pakan hingga ke habitat peneluran, yang juga merupakan tempat kelahiran mereka. Penyu hijau jantan dapat kawin setiap tahun, namun penyu hijau betina hanya dapat kawin dalam setiap dua tahun hingga empat tahun sekali.

7) Penyu hijau betina membuat sarang di malam hari. Sarang itu digali dengan menggunakan flipper (kaki dayung) bagian belakangnya. Dalam satu sarang dapat ditemukan 100 hingga 200 butir telur yang akan menetas dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan.  Tukik harus segera “berlari” dan berenang menuju tempat yang aman, atau mereka akan dimakan predator (anjing, kucing, babi, kepiting, burung, gurita, cumi, anak hiu dll). Jika tukik-tukik ini dapat selamat dari masa yang berbahaya ini, maka mereka dapat hidup hingga umur 80 b- 90 tahun.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *