Edukasi ke Sekolah - 4

“Apakah Berau Ramah Penyu???”

Pada hari Selasa Tanggal 30 Oktober ini giliran SMP Negeri 1 Tanjung Redeb yang menjadi tempat diselenggarakannya edukasi bertema “Penyu Berau”. Dalam rangkaian edukasi yang digencarkan oleh Yayasan Penyu Indonesia ini para siswa diajak berdiskusi dan “mengkaji” apakah Berau adalah Kabupaten yang cukup ramah penyu.

Beberapa siswa dengan jujur mengatakan bahwa untuk mendapatkan telur penyu adalah bukan perkara yang susah. Meskipun tidak juga gampang, namun telur penyu masih ditawarkan ke rumah-rumah oleh pedagang telur penyu langganan. Tidak ada alasan khusus beberapa murid ini pernah mengkonsumsi telur penyu, dan mereka menyampaikan bahwa telur penyu itu tidak ada rasa yang spesial sehingga membuat orang ketagihan.

Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Redeb mengikuti edukasi terkait konservasi penyu di Berau dengan seksama

Penuturan informasi terkait penyu seperti ini perlu sekali ditingkatkan terutama bagi generasi muda Berau karena mereka akan mengisi profesi-profesi penting di kabupaten ini di masa mendatang. Tentu harapannya adalah di masa mendatang mereka dapat berguna bagi masa depan pelestarian penyu karena penyu yang lestari akan berdampak kepada kelestarian ekosistem laut. Bagi masyarakat pesisir, kesehatan laut adalah penunjang utama kemakmuran rakyatnya.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *